Hygiene dan Sanitasi


Pengertian Hygiene dan Sanitasi


Pada hakekatnya "Hygiene" dan "sanitasi" mempunyai pengertian dan tujuan yang hampir sama, yaitu mencapai kesehatan yang prima.

Hygiene adalah ilmu yang berhubungan dengan masalah kesehatan, serta beragai usaha untuk mempertahankan atau memperbaiki kesehatan. Hygiene juga mencakup upaya perawatan kesehatan diri, termasuk ketepatan sikap tubuh. Upaya hygiene mencakup perlunya perlindungan bagi pekerja yang terlibat dalam pengolahan makanan agar terhindar dari sakit, baik sakit yang terjadi pada umumnya,

Sanitasi lebih banyak memperhatikan masalah kebersihan ( tidak ada kotoran ) untuk mencapai kesehatan. Sanitasi makanan lebih ditekankan pada pengawasan terhadap pembuatan dan penyediaan bahan makanan agar tidak membahayakan kesehatan.

Makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang dibutuhkan setiap saat dan memerlukan pengelolaan yang baik dan benar agar bermanfaat bagi tubuh. Menurut WHO, yang dimaksud makanan adalah : “Food include all substances, whether in a natural state or in a manufactured or preparedform, wich are part of human diet.” Batasan makanan tersebut tidak termasuk air, obat-obatan dan substansi-substansi yang diperlukan untuk tujuan pengobatan.

Makanan yang dikonsumsi hendaknya memenuhi kriteria bahwa makanan tersebut layak untuk dimakan dan tidak menimbulkan penyakit, diantaranya :

1. Berada dalam derajat kematangan yang dikehendaki

2. Bebas dari pencemaran di setiap tahap produksi dan penanganan selanjutnya.

3. Bebas dari perubahan fisik, kimia yang tidak dikehendaki, sebagai akibat dari pengaruh enzym, aktifitas mikroba, hewan pengerat, serangga, parasit dan kerusakan-kerusakan karena tekanan, pemasakan dan pengeringan.

4. Bebas dari mikroorganisme dan parasit yang menimbulkan penyakit yang dihantarkan oleh makanan (food borne illness).

Higiene dan Sanitasi

Pengertian higiene menurut Depkes adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan individu subyeknya. Misalnya mencuci tangan untuk melindungi kebersihan tangan, cuci piring untuk melindungi kebersihan piring, membuang bagian makanan yang rusak untuk melindungi keutuhan makanan secara keseluruhan.

Sanitasi makanan adalah salah satu usaha pencegahan yang menitik beratkan kegiatan dan tindakan yang perlu untuk membebaskan makanan dan minuman dari segala bahaya yang dapat menganggu atau memasak kesehatan, mulai dari sebelum makanan diproduksi, selama dalam proses pengolahan, penyimpanan, pengangkutan, sampai pada saat dimana makanan dan minuman tersebut siap untuk dikonsumsikan kepada masyarakat atau konsumen. Sanitasi makanan ini bertujuan untuk menjamin keamanan dan kemurnian makanan, mencegah konsumen dari penyakit, mencegah penjualan makanan yang akan merugikan pembeli. mengurangi kerusakan / pemborosan makanan. Dalam pengelolaan makanan ada 6 prinsip yang harus di perhatikan yaitu:

Keadaan bahan makanan

Semua jeis bahan makanan perlu mendapat perhatian secara fisik serta kesegarannya terjamin, terutama bahan-bahan makanan yang mudah membusuk atau rusak seperti daging, ikan, susu, telor, makanan dalam kaleng, buah, dsb. Baham makanan yang baik kadang kala tidak mudah kita temui, karena jaringan perjalanan makanan yang begirtu panjangdan melalui jarngan perdagangan yang begitu luas. Salah satu upaya mendapatkan bahan makanan yang baika dalah menghindari penggunaan bahan makanan yang berasal dari sumber tidak jelas (liar) karena kurang dapat dipertanggung jawabkan secara kualitasnya.

Cara penyimpanan bahan makanan

Tidak semua bahan makanan yang tersedia langsung dikonsumsi oleh masyarakat. Bahan makanan yang tidak segera diolah terutama untuk katering dan penyelenggaraan makanan RS perlu penyimpanan yang baik, mengingat sifat bahan makanan yang berbeda-beda dan dapat membusuk, sehingga kualitasnya dapat terjaga. Cara penyimpanan yang memenuhi syarat hgiene sanitasi makanan adalah sebagai berikut:

– Penyimpanan harus dilakukan ditempat khusus (gudang) yang bersih dan memenuhi syarat

– Barang-barang agar disusun dengan baik sehingga mudah diambil, tidak memberi kesempatan serangga atau tikus untuk bersarang, terhindar dari lalat/tikus dan untuk produk yang mudah busuk atau rusak agar disimpan pada suhu yang dingin. (lebih lengkap, klik disini)

Bahan makanan dapat digolongkan menjadi dua kelompok, yaitu :

1. Bahan tahan lama (Groceries), seperti :

a. beras

b. gula

c. bumbu kering

d. minyak goreng

e. makanan dalam kaleng atau botol, dll

2. Barang mudah rusak (perishables)

a. sayuran dan buah segar

b. telor

c. susu segar

d. daging dan unggas

e. ikan dan hasil laut, dll

Penyebab Kerusakan bahan makanan

1. Enzym

2. Bakteri

3. jamur

4. parasit

5. Bahan Kimia

Proses pengolahan

Pada proses / cara pengolahan makanan ada tiga hal yang perlu mendapat perhatian Yaitu:

1. Tempat pengolahan makanan

Tempat pengolahan makanan adalah suatu tempat dimana makanan diolah, tempat pengolahan ini sering disebut dapur. Dapur mempunyai peranan yang penting dalam proses pengolahan makanan, karena itu kebersihan dapur dan lingkungan sekitarnya harus selalu terjaga dan diperhatikan. Dapur yang baik harus memenuhi persyaratan sanitasi.

2. Tenaga pengolah makanan / Penjamah Makanan

Penjamah makanan menurut Depkes RI (2006) adalah orang yang secara langsung berhubungan dengan makanan dan peralatan mulai dari tahap persiapan, pembersihan, pengolahan pengangkutan sampai penyajian. Dalam proses pengolahan makanan, peran dari penjamah makanan sangatlah besar peranannya. Penjamah makanan ini mempunyai peluang untuk menularkan penyakit. Banyak infeksi yang ditularkan melalui penjamah makanan, antara lain Staphylococcus aureus ditularkan melalui hidung dan tenggorokan, kuman Clostridium perfringens, Streptococcus, Salmonella dapat ditularkan melalui kulit. Oleh sebab itu penjamah makanan harus selalu dalam keadan sehat dan terampil.

3. Cara pengolahan makanan

Cara pengolahan yang baik adalah tidak terjadinya kerusakan-kerusakan makanan sebagai akibat cara pengolahan yang salah dan mengikui kaidah atau prinsip-prinsip higiene dan sanitasi yang baik atau disebut GMP (good manufacturing practice).

Cara pengangkutan makanan yang telah masak

Pengangkutan makan dari tempat pengolahan ke tempat penyajian atau penyimpanan perlu mendapat perhatian agar tidak terjadi kontaminasi baik dari serangga, debu maupun bakteri. Wadah yang dipergunakan harus utuh, kuat dan tidak berkarat atau bocor. Pengangkutan untuk waktu yang lama harus diatur shunya dalam keadaan panas 60 C atau tetap dingi 4 C. (lebih lengkap, klik disini)

Cara penyimpanan makanan masak

Penyimpanan makanan masak dapat digolongkan menjadi dua, yaitu tempat penyimpanan makanan pada suhu biasa dan tempat penyimpanan pada suhu dingin. Makanan yang mudah membusuk sebaiknya disimpan pada suhu dingin yaitu < 40C. Untuk makanan yang disajikan lebih dari 6 jam, disimpan dalam suhu -5 s/d -10C. (lebih lengkap, klik disini)

Cara penyajian makanan masak

Saat penyajian makanan yang perlu diperhatikan adalah agar makanan tersebut terhindar dari pencemaran, peralatan yang digunakan dalam kondisi baik dan bersih, petugas yang menyajikan harus sopan serta senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan pakaiannya.




62 Post a Comment

Assalamualaikum ibu dari artikel ini saya mengetahui kalau sanitasi/sanitazer berhubungan dengan kehigienisan suatu makanan

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Assalamualaikum saya putri jilan dr xi ipa 5
Dari artikel ini saya jadi lebih mengerti tentang masalah kesehatan dan kebersihan bahan makanan ,baik dari kriteria sampai cara penyimpanan bahan makanan yg baik

Bilqis 11 IPA 5.Dari artikel ini saya dapat mengetahui pengertian sanitasi dan hygiene, sanitasi itu upaya menjaga kesehatan yg kegiatannya fokus pd lingkungan manusia sedangkan hygiene itu fokus pada usaha kesehatan individu, dua hal itu berhubungan dengan kesehatan,kebersihan pada makanan yang diolah

Assalamu'alaikum saya Hurul Aini dari XI MIPA 5. Setelah saya membaca artikel ini saya dapat mengetahui apa itu hygiene dan sanitasi. Saya juga bisa mengetahui tujuan dilakukannya hygiene dan sanitasi. Ke-2nya sangat penting bagi saat proses dibuatnya makanan tersebut. Hal itu merupakan faktor yang sangat penting yang tidak bisa dilewatkan pengerjaannya.

Assalamualaikum saya Yusnita Muslina Apriliani dari XI MIA 5. Dari artikel ini saya bisa belajar mengenai bagaimana cara pengolahan makanan yang baik dan benar juga bagaimana cara menyimpan makanan masak dan kriteria makanan yang layak untuk dimakan.

assalamualaikum saya Ratna Hayu dari XI Mia.
setelah saya membaca artikel ini saya menjadi lebih mengerti tentang kebersihan makanan, proses pengolahan dengan cara yang benar,kriteria makanan yang layak untuk dimakan,dan cara penyajian makanan masak

Assalamu'alaikum, saya Zidane Ahmad dari XI MIA 5. Setelah membaca artikel ini,saya mengetahui apa itu hygiene dan sanitasi. Lalu, cara menyimpan makanan, mengolah dan pengelompokan bahan makanan

Assalamualaikum,wr.wb saya Munaafiah Dwi Marwa dari kelas XI MIPA 5, setelah membaca artikel ini saya jadi paham mengenai definisi hygenie dan sanitasi, manfaat atau tujuannya, perbedaanya dan contoh
pengaplikasiannya.

Assalamu'alaikum saya Tri Afifah dari kelas XI MIA 5, dari artikel ini saya dapat mengetahui pengertian Hygiene dan Sanitasi, dimana hygiene sendiri merupakan memelihara dan melindungi kesehatan individu berdasarkan objeknya, sedangkan sanitasi adalah lebih menekankan kepada pembuatan dan penyediaan bahan makanan untuk kesehatan tubuh kita sendiri. Terima kasih

Assalamu'alaikum Ibu, saya Amalia Rahmadani kelas XI MIA 5. Setelah membaca artikel ini saya dapat mengetahui apa perbedaan dari hyginie dan sanitasi. Saya juga menjadi tau kriteria makanan layak makan. Dan Saya juga bisa lebih mengetahui bagaimana proses pengolahan makanan dari bahannya sampai penyajiannya dengan memperhatikan hygiene serta sanitasi makanan.

Dari artikel ini, kita dapat mengetahui berbagai cara untuk tetap menjaga kehigienisan makanan, cara penyajian yang baik, proses pengelolaan dan lain lain. dinda suci xi mia 5

Assalamualaikum saya Gayatri Zakiyyah dari kelas XI MIA 5, dari artikel ini saya mengetahui bagaimana cara menjaga kebersihan pada makanan yg baik dan benar. Dan saya juga jadi mengetahui pengertian dan tujuan dari hygiene Dan sanitasi.

Assalamualaikum Bu,saya Aisyah dari XI MIA 5.
Dari artikel ini saya dapat mengetahui bahwa dalam memasak kita harus sangat memperhatikan kebersihan,dimulai dari kebersihan diri sendiri maupun bahan makanan yang akan dimasak.
Saya juga jadi mengetahui apa itu hygiene dan sanitasi,serta pengelompokan makanan,cara untuk mengolah,menyimpan,dan menyajikan makanan.

Assalamualaikum ibu, saya syifa adelia dari kelas XI MIA. Setelah membaca artikel ini saya dapat mengetahui dan memahami pengertian dari hygiene dan sanitasi, saya juga dapat memahami kriteria makanan yg layak dimakan, apa saja penyebab kerusakan bahan makanan dan proses pengolahan makanan sampai penyajiannya terimaksih

Assalamualaikum wr.wb
Saya nikita alia dari kls XI mia 5
Dari artikel ini saya jadi mengetahuin tentang kehigienisan dan sanitasi, yang dimana kehigienisan itu sangat penting suatu produk makanan, dan saya juga jadi mengetahui kriteria makanan yang layak dimakan
Terimakasih, wassalamualaikum wr.wb

Assalamualaikum bu, saya Rafii Ramadhan dari kelas XI IPA 5.
setelah membaca artikel ini, saya jadi mengetahui pentingnya kebersihan dalam pengolahan, penyimpanan, dan penyajian makanan.

Assalamualaikum Bu, saya Aditya Eka nanda dari XI IPA 5.
Dari artikel ini saya dapat lebih memahami cara pengolahan makanan yang baik dan benar dan cara untuk menjaga kehigienisan dalam pengolahan makanan.

Assalamualaikum, saya Bagus Dari XI-MIA 5.
Dari artikel ini saya mengetahui bahwa kebersihan dan kehigienisan makanan itu sangat penting, dan saya juga mengerti cara mengelola makanan yg baik

Assalamualaikum bu, saya fathur galih saputra dari XI MIA 5, Dari artikel yang telah saya baca saya dapat mengetahui tentang kehigienisan makanan karna kehigienisan makanan sangat penting untuk makanan yang akan kita konsumsi dan saya mengetahui cara menjaga kebersihan makanan dan masih banyak hal yang masih saya pelajari

Assaalamualaikum bu, saya Evelina Dwi Yulianti kelas XI MIPA 5, setelah membaca artikel ini saya dapat mengetahui lebih dalam tentang bagaimana proses dalam mengolah, menyimpan, hingga menyajikan makanan dengan baik serta memerhatikan hygiene juga sanitasinya.

Assalamu'alaikum bu, saya lathifa aulia kelas XI IPA 5. Dari artikel di atas saya lebih mengetahui seberapa manfaatnya kita menjaga kebersihan, hygiene dan sanitasi. Cara menyimpan makanan, mengolah makanan dan berbagai kriteria makanan yang layak di makan.

Assalamu'alaikum bu, saya lathifa aulia kelas XI IPA 5. Dari artikel di atas saya lebih mengetahui seberapa manfaatnya kita menjaga kebersihan, hygiene dan sanitasi. Cara menyimpan makanan, mengolah makanan dan berbagai kriteria makanan yang layak di makan.

Assalamualaikum bu, saya Muhamad Fajar Ramadhan dari kelas XI MIA 5. Dari penjelasan diatas saya dapat menyimpulkan bahwa pentingnya kehigienisan dalam memasak. sebab begitu pentingnya kehigienisan suatu makanan apapun itu. Juga kita dapat mengetahui bagaiamana cara-cara menyimpan, mengolah, dan menjaga kebersihan makanan.

Assalamualaikum bu, saya Muhammad Syaiful Akbar dari kelas Xl MIA 5.dari artike yang saya baca di atas, saya mengetahuai bahwa Hygiene dan Sanitasi itu penting bagi kehidupan sehari-hari kita untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kita sendiri.

Assalamualaikum saya riska wulandari dari kelas XI MIA 5 setelah membaca artikel diatas saya jadi mengetahui apa itu hygiene dan sanitasi. Lalu saya jdi tahu bagaimana cara menyimpan bahan makanan yang baik dan benar serta cara mengolah makanan yang baik

assalammualaikum saya sarah salsabila k dari kelas XI IPA 5. setelah saya membaca artikel diatas ini saya jadi mengerti dan paham apa itu hygiene dan sanitasi yang sangat penting untuk kita dikehidupan sehari hari. Dan dari artikel di atas juga saya jadi mengerti cara mengolah, menyimpan, dan menyajikan dengan baik

Assalamualaikum saya ichramsyah.A dari XI MIA 5 . Setelah saya membaca artikel diatas saya jadi mengerti cara mengolah ,menyimpan,dan msnyajikan makanan yg baik

Assalmualaikum saya ichramsyah.A dari kelas XI IPA 5 . Setelah saya membaca artikel diatas saya jadi msngerti paham tentang hygine dan sanitasi yg penting dilakukan sehari hari . Dan saya jadi mengerti tentang cara mengola, menyimpan, menyajikan

Assalamualaikum bu.. saya Muhamad Mahia Majid dari kelas XI MIA 5 . Dari artikel yang saya baca diatas dapat disimpulkan bahwa Hygiene dan Sanitasi sangat penting bagi kesehatan kita karna dapat mencegah berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh salahnya pengolahan makanan.

Assalamualaikum buu...saya Darin nishrina zalfa dari kelas XI MIA 5. Dari artikel yg saya baca saya jadi paham tentang hygiene dan sanitasi dan mengerti cara mengolah menyimpan dan menyajikan

Assalamualaikum ibu,saya Shinta Dharma Pratiwi kelas XI IPA 7.
Dari artikel ini saya memahami tentang betapa betapa pentingnya hygiene dan sanitasi dalam megolah makanan dan mengrti cara mengolah makanan, menyajikan dan menyimpannya dengan baik.

Assalamu'alaikum bu, saya Hana Zhafira Rahmadhani kelas XI IPA 7, setelah saya membaca artikel ini saya jadi lebih mengetahui tentang bagaimana cara pengolahan, penyimpanan, penyajian masakan dengan baik dan benar

Assalamu'alaikum bu, saya Azhar Fikri kelas XI IPA 7, setelah saya membaca artikel ini saya jadi lebih mengetahui tentang bagaimana cara pengolahan, penyimpanan, penyajian masakan dengan baik dan benar

Assalamualaikum Bu, saya vidya Al Aidasari kelas XI IPA 7, artikel ini sangat bermanfaat setelah membaca artikel ini saya jadi memahami tentang hygiene dan sanitasi pada pengelolaan makanan dan mengerti cara mengelola makanan menyimpan dan penyajian yang baik dan benar

Assalamualaikum ibu , saya alvia anggraini kelas XI IPA 7, artikel yang ibu buat sangat bermanfaat membuat saya mengetahui apa itu hygiene dan sanitasi, pengolahan makanan, serta kebersihan diri dan makanan yg sangat penting.

Assalamualaikum ibu , saya alvia anggraini kelas XI IPA 7, artikel yang ibu buat sangat bermanfaat membuat saya mengetahui apa itu hygiene dan sanitasi, pengolahan makanan, serta kebersihan diri dan makanan yg sangat penting.

Assalamualaikum ibu , saya alvia anggraini kelas XI IPA 7, artikel yang ibu buat sangat bermanfaat membuat saya mengetahui apa itu hygiene dan sanitasi, pengolahan makanan, serta kebersihan diri dan makanan yg sangat penting.

Assalamualaikum ibu , saya alvia anggraini kelas XI IPA 7, artikel yang ibu buat sangat bermanfaat membuat saya mengetahui apa itu hygiene dan sanitasi, pengolahan makanan, serta kebersihan diri dan makanan yg sangat penting.

Assalamualaikum. Saya Muhammad irsyad dari X IPA 7.artikel ini membuat saya mengetahui tentang higiene dan sanitasi.cara cara menyimpan makanan yg benar dll. Juga jadi mengerti tentang mengolah makanan lalu menyimpan makanan dan penyajikannya dengan baik n benar

Assalamualaikum bu, saya syifa maulidina kelas XI IPA 7. Dari artikel ini saya mengetahui betapa pentingnya kebersihan dalam mengolah makanan, da saya juga tahu bagaimana cara mengolah makanan dengen benar.

Assalamualaikum buk, saya Ryu Pranaja Setiawan dari kelas XI IPA 7. Dari artikel ini, saya mengetahui bahwa hygiene dan sanitasi sangat penting untuk kesehatan kita karna dapat mencegah macam penyakit yang disebabkan oleh salahnya pengolahan makanan

Assalamualaikum.Saya Diah setiowati dari XI IPA 7. dari artikel ini membuat saya mengetahui hygine dan sanitasi penting dalam kebersihan di makanan, dan juga jadi mengerti tentang mengolah makanan yang baik dan benar dari bahan makanan, cara penyimpanan, proses, sampai penyajian makanan

Assalamu'alaikum bu, saya Nia Ayu Diningtyas kelas XI IPA 7, setelah saya membaca artikel ini saya jadi lebih mengetahui apa itu hygiene dan sanitasi, bagaimana cara pengolahan, penyimpanan, penyajian masakan dengan baik dan benar.

Assalamualaikum saya Suci Oktaviani XI IPA 7,setelah saya melihat artikel ini saya bisa mengerti apa itu hyigene dan sanitasi, juga memahami bagaimana caranya
mengolah makanan yg baik dan benar.

Assalamu'alaikum bu saya Anisa hilda dari XI IPA 7, setelah membaca artikel di atas saya jadi tau apa itu hygiene dan sanitasi, dan mengatahui cara menyajikan, mengolah, dan menyimpan makanan sesuai dengan jenisnya dengan cara yang benar

assalamualaikum bu saya m.ikhsan.A Dri XI IPA 7 ,setelah membaca artikel di atas saya jadi tau apa itu hygiene dan sanitasi, dan mengatahui cara menyajikan, mengolah, dan menyimpan makanan sesuai dengan jenisnya dengan cara yang benar

Assalamu'alaikum Bu, saya Najwa Elysia dari XI IPA 7. Artikel di atas membuat saya tahu arti dan tujuan dari hygiene dan sanitasi. Dan juga tentang cara pengelolaan, penyajian, dan penyimpanan makanan yang baik dan benar

Assalamualaikum bu, saya Adinda Berliana dari XI IPA 7. Melalui artikel di atas saya jadi mengetahui apa itu hygiene dan sanitasi juga pentingnya hal tersebut dalam mengolah makanan. Selain itu saya juga dapat mengetahui cara pengolahan, penyimpanan, dan penyajian makanan dengan baik dan benar.

Assalamualaikum bu, saya Adinda Berliana dari XI IPA 7. Melalui artikel di atas saya jadi mengetahui apa itu hygiene dan sanitasi juga pentingnya hal tersebut dalam mengolah makanan. Selain itu saya juga dapat mengetahui cara pengolahan, penyimpanan, dan penyajian makanan dengan baik dan benar.

السَّلاَÙ…ُ عَÙ„َÙŠْÙƒُÙ…ْ ÙˆَرَØ­ْÙ…َØ©ُ اللهِ ÙˆَبَرَÙƒَاتُÙ‡
Bu, saya Satria Nugraha Putra Dari Xl MIPA 7, melalui artikel Di atas bahwa saya dapat mengetahui Materi Tentang Hygiene & sanitasi Yang membahas Tentang Kesehatan Dan Kebersihan Pda makanan, Yang sebelumnya Saya Blm terlalu paham Dengan apa itu hygiene&sanitasi, Dan materi ini Sangat Pnting Untuk mengatahui cara pengolahan ,penyimpanan makanan dan lain sebagainya

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh...
Saya Nabila alaila Wibowo kelas XI IPA 7, setelah saya membaca artikel di atas saya menjadi tahu bahwa hygiene dan sanitasi sangat penting dalam pengolahan makanan. Dan saya juga dapat mengetahui cara pengelolahan makanan penyimpanan makanan dengan baik dan benar.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, saya Raffy Pradika
Dari kelas XI IPA 7, Dengan adanya artikel ini saya mempelajari tata cara mengolah, menyimpan, dan menyajikan makanan dengan benar

Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh saya Dina 11 ipa 7,setelah saya membaca artikel ini saya memahami tata cara mengolah,menyimpan,menyajikan makanan denga baik

Assalamualaikum, saya Syifa Intan Ratiani Xl Ipa 8. Artikel diatas membuat saya mengerti tentang hygiene dan sanitasi dengan mudah. Saya dapat mengerti tentang cara penyimpanan bahan makanan, jenis bahan maknanan, hal apa saja yang dapat merusak makanan, dan cara menyajikan makanan yang baik. Terima kasih bu

Assalamualaikum Warohmatullahi wabarokatuh
Nama saya Ridho Akhmad Fachrozi dari kelas 11 IPA 8 setelah saya membaca artikel ini saya mulai memahami pentingnya tata cara mengolah,menyimpan,menyajikan makanan dengan sempurna agar makanan bertahan lebih lama.
Terima kasih

Assalamuallaikum, saya fitri aulia (XI- ipa 8). Melalui artikel ini saya menjadi tau pengertian hygiene & sanitasi, juga cara menjaga kesehatan diri dan kebersihan saat mengolah, menyimpan, memasak bahan makanan/masakan.terimakasih..

Assalamu'alaikum ,saya Salma Nurhalisha dari kelas XI-Ipa 1 . Alhamdulilah dengan artikel ini saya jadi tau tentang pengertian hygiene Dan sanitasi , tentang pengolahan makanan, dan lebih tau apa saja kriteria makanan ayng tidak menimbulkan penyakit dan pentingnya penjaga kebersihan dan kesehatan secara individu.

Assalamu'alaikum ,saya Salma Nurhalisha dari kelas XI-Ipa 1 . Alhamdulilah dengan artikel ini saya jadi tau tentang pengertian hygiene Dan sanitasi , tentang pengolahan makanan, dan lebih tau apa saja kriteria makanan ayng tidak menimbulkan penyakit dan pentingnya penjaga kebersihan dan kesehatan secara individu.

Assalamu'alaikum nama saya Malika Saputra Ardi Ardja dari 11 IPA 5.dari artikel ini, kita dapat mengetahui berbagai cara untuk tetap menjaga kehigenisan,cara penyajian yang baik, proses pengelolaan dan lain lain.

Assalamualaikum,nama saya karennina Kurnia Cahya dari kelas XI MIPA 5. Setelah saya melihat dan membaca artikel diatas saya dapat mengetahui perbedaan sanitasi dan hygiene,cara menyimpan,mengolah, makanan yang baik,benar,dan sehat. Terima kasih

Anugerah Ramadhan XI IPA 7
HADIR


EmoticonEmoticon